KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur
penulis ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nya penulis
dapat menyusun menyelesaikan laporan ini dengan baik. Laporan praktek kerja
industri ini penulis tulis atas dasar semua yang telah penulis dapatkan selama
mengikuti praktek kerja industri di NIKITA HOTEL BUKITTINGGI selama lebih
kurang 4 bulan (18 Februari 2013 sampai dengan 18 Juni 2013).
Praktek kerja industri sendiri merupakan kegiatan yang bersifat wajib untuk
setiap mahasiswa/i Semester 4 Fakultas Pariwisata UMSB sebagai salah satu
syarat untuk melanjutkan ke semester berikutnya, serta sebagai salah satu
bentuk pertanggung jawaban penulis dalam menjalani tugas kerja selama mengikuti
Prakerin. Praktek kerja industri merupakan kegiatan mahasiswa/i yang dilaksanakan
minimal 4 bulan di suatu perusahaan yang sesuai dengan jurusannya
masing-masing.
Kegiatan ini meliputi pelaksanaan kerja praktek di perusahaan dan penulisan
laporan kerja praktek. Tujuan Praktek Kerja Industri sebenarnya adalah
memperkenalkan mahasiswa/i dunia kerja industri secara nyata sekaligus
memberikan suatu pengalaman yang berhubungan dengan keindustrian. Setelah
penulis selesai melaksanakan kerja praktek ini, penulis merasa tujuan tersebut
telah penulis penuhi dengan baik.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR i
HALAMAN PENGESAHAN ii
DAFTAR
ISI iii
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Praktek Kerja Lapangan (PKL) 1
1.2 Tujuan
Praktek Kerja Lapangan (PKL) 2
1.3 Manfaat
Praktek Kerja Lapangan (PKL) 2
1.4 Tempat
dan Waktu Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) 3
BAB
II TINJAUAN UMUM
2.1 Sejarah Singkat 4
2.2 Struktur Organisasi 5
2.3 Lokasi 5
2.4 Perincian kamar dan
fasilitas Hotel 6
BAB
III TEKNIK PELAKSANAAN
3.1 Deskripsi Lingkup
Kerja Praktek Kerja Lapangan 8
3.2 Kegiatan
Operasional 8
3.3 Tugas dan tanggung
Jawab 9
3.4 Permasalahan Yang
Ditemukan 12
3.5 Keberhasilan Yang
dialami 13
BAB
IV KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 Kesimpulan 14
4.2 Saran 15
LAMPIRAN
1. Gambar
2. Agenda
3. Schedule
4. Macam-macam
Form
5. Sertifikat
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Dalam
menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Fakultas Pariwisata Universitas
Muhammadiyah Sumatera Barat mempunyai 2 Program Studi yaitu Usaha Perjalanan
Wisata (UPW) dan Perhotelan. Program Studi mempunyai mata kuliah yang spesifik
sesuai dengan Prodi masing-masing yang terdiri dari mata kuliah teori, praktek, workshop, dan
laboratorium.
Pada
kenyataannya sering terjadi perbedaan pemahaman mahasiswa antara teori dan
praktek nyata dalam dunia usaha dan industri. Untuk itu perlu diadakan suatu
mata kuliah berupa Praktek Kerja Lapangan (PKL) langsung padadunia usaha
industri.
PKL
merupakan mata kuliah wajib bagi para mahasiswa Fakultas Pariwisata UMSB. Mata
kuliah ini merupakan sarana untuk menjembatani pemahaman teoritis di bangku
kuliah dengan kondisi dunia nyata di lapangan yang akan dapat meningkatkan mutu
lulusan serta dapat memenuhi kebutuhan lapangan kerja. Selain itu PKL juga
dapat menjadi modal peluang kerja bagi
mahasiswa/i Fakultas Pariwisata UMSB.
Praktek kerja lapangan
merupakan suatu kegiatan kerja mahasiswa yang ditempatkan pada suatu tempat
yang berkaiatan dengan bidang ilmu yang ditempuhnya dalam waktu tertentu.
Selain itu, praktek kerja lapangan yang dilakukan dapat membantu mahasiswa agar
lebih memahami bidang studi yang di tekuninya dan mendapatkan gambaran nyata
pengimplementasian ilmunya di dunia nyata. Mahasiswa akan belajar mengatasi kesenjangan
antara teori yang didapatkan di bangku kuliah dengan permasalahan di lapangan
sebenarnya, yang memerlukan teknologi informasi untuk mendapatkan jalan
keluarnya.
1.2 Tujuan Praktek
Kerja Lapangan (PKL)
1. Menjembatani
antara teori di perkuliahan dengan praktek di lapangan.
2. Meningkatkan
kemampuan edukatif dan pengembangan wawasan keilmuan mahasiswa.
3. Membekali
mahasiswa tentang iklim kerja dan prosedur
dunia industri.
4. Mengenal
pasar dan produk atau jasa yang dihasilkan oleh dunia usaha dan dunia industri.
5. Meningkatkan
kemampuan adaptif mahasiswa.
6. Mengenali
seluk beluk wilayah pekerjaan dunia usaha dan dunia industri kepada mahasiswa
secara langsung.
7. Menjadi
sarana promosi calon alumni untuk memasuki pasar kerja di dunia usaha dan
industri.
1.3 Manfaat Praktek
Kerja Lapangan (PKL)
1.
Manfaat
bagi Mahasiswa
·
Dengan mengikuti praktek kerja lapangan,
mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Hard Skill dan Soft Skill.
·
Mampu menggunakan pengalaman kerja untuk
mendapatkan kesempatan kerja yang diinginkan setelah menyelesaikan atau tamat
kuliah.
·
Sebagai pengalaman kerja awal untuk
mahasiswa sebelum terjun langsung ke dunia kerja yang nyata.
·
Sebagai wadah untuk menjalin kerjasama
yang baik antara lembaga pendidikan dengan pihak instansi yang terkait.
2.
Manfaat
bagi Akademik
·
Dengan pelaksanaan praktek kerja
lapangan, Fakultas mampu meningkatkan hubungan kemitrian dengan perusahaan.
·
Mampu mengembangkan program kemitraan
lainnya, seperti pertukaran pakar.
·
Mempu merelevansikan kurikulum mata
kuliah dengan kebutuhan dunia kerja.
3.
Manfaat
bagi Perusahaan
·
Dengan pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan
(PKL), diharapkan perusahaan mampu meningkatkan hubungan kemitraan dengan
perguruan tinggi.
·
Mampu melihat kemampuan potensial yang
dimiliki mahasiswa peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL), sehingga akan lebih
mudah untuk perencanaan peningkatan di bidang Sumber Daya Manusia (SDM).
·
Dan sebagai wadah penyerapan karyawan
atau tenaga kerja.
1.4
Tempat dan Waktu Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Waktu pelaksanaan
Praktek Kerja Lapangan yang dilaksanakan penulis, yaitu tanggal 18 Februari
2013 sampai dengan 18 Juni 2013, bertempat di Nikita Hotel Bukittinggi.
BAB II
TINJAUAN
UMUM
HOTEL
NIKITA BUKITTINGGI
2.1
Sejarah Singkat
Nikita Hotel dan Nikita
Place Hotel merupakan perusahaan milik putera daerah yaitu bapak H.Aidil Azwar
yang berasal dari kelurahan Bukit Apit Bukittinggi, yang mana beliau
berdomisili di pusat pemerintahan Negara (Jakarta) bersama keluarga.
Nikita Hotel dibangun
tahun 1993 dan menyusul kemudian Nikita Place Hotel tahun 1999 dengan ciri khas
arsitektur minang yaitu atap bergonjong. Hotel Nikita diambil dari nama kuda
kesayangan Bapak H.Aidil Azwar, yang sebagai owner dan pada saat ini dikelola
oleh Bapak H.Syafril,A.md sebagai Manager.
Nikita Hotel
Bukittinggi, hadir sebagai salah satu sarana pendukung pariwisata daerah yang
siap memberikan tempat peristirahatan dan service bagi wisatawan mancanegara
dan wisatawan domestik yang berkunjung ke Bukittinggi. Kini setelah kurun waktu
20 Tahun Nikita Hotel Tumbuh dan berkembang, sungguh sangat disayangkan bila
Kita berkunjung ke Bukittinggi tanpa menyempatkan diri untuk melepas kelelahan
di Hotel Nikita Bukittinggi. Keluarga Besar Nikita Hotel Bukittinggi sangat
berbangga bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada tamu-tamu Nikita Hotel
Bukittinggi.
2.2
Struktur Organisasi
Struktur organisasi
Nikita Hotel Bukittinggi
2.3 Lokasi
1. Nikita
Hotel Bukittinggi Jln Sudirman No. 55 Bukittinggi Telp. (0752) 31629-31630 Fax
(0752) 31177
2. Nikita
Palace Hotel Bukittinggi Jl. Sukarno Hatta, Garegeh, Bukittinggi Telp. (0752)
32727-34616 Fax. (0752) 31177
2.4 Perincian kamar dan
fasilitas Hotel
1.
Room
Facilities
Setiap Kamar dilengkapi dengan Flat TV 21 inc,
lantai keramik, kamar mandi shower dengan air panas dan dingin 24 jam, telpon.
2.
Meeting
Room
Memiliki 2 ruang
meeting dengan kapasitas 100 orang dan 20 orang
3.
Looby
Memiliki looby dengan interior classic
4.
Restaurant
Restaurant yang elegan, dengan sarapan menu
Indonesia dan menu tradisional minang, serta menyediakan makan siang dan makan
malam.
5. Other Fasilities
·
Taxi Service
·
Loundry Service
·
Parking Area
·
Room Rate & Event Package
·
Room Rate & Fasilities
·
Room Type Rate & Fasilities
6. Rincian Kamar
a) Standart
Room
·
Twin / Double Rp. 326.700,- max 2 Pax
·
Telephone
·
Television / Flat TV
·
Shower
·
Hot & Cold Water
b) Deluxe
Room
·
Twin / Double Rp. 399.300,- max 2 Pax
·
Big room
·
Telephone
·
Television / Flat TV
·
Shower
·
Hot & Cold Water
c) Suit
Room
·
Twin / Double Rp.453.750,- max 2 Pax
·
Wall to Wall ceramic tile
·
Telephone
·
Television / Flat TV
·
Shower
·
Hot & Cold Water
·
Mini bar
·
AC
d) Extra
bed Rp .120.000,-
e) Charge
Person Rp. 50.000,-
f) Event
Meeting Package
7. PACKAGE A & PACKAGE B
Rp. 200.000,-pax/day & Rp. 180.000,- pax/day
Included :
·
Deluxe Room for 2 pax
·
2 x coffee break
·
1x lunch
·
1 x dinner
·
Breakfast
·
Meeting Room Included :
·
Standart Room for 2 pax
·
2 x coffee break
·
1x lunch
·
1 x dinner
·
Breakfast
·
Meeting Room
Check in time : at 14.00 noon
Check out time : at 12. 00 noon
BAB III
TEKNIK PELAKSANAAN
3.1
Deskripsi Lingkup Kerja Praktek Kerja Lapangan
Di dalam pelaksanaan
PKL penulis melaksanakan kerja lapangan selama lebih kurang 2 bulan pada Housekeeping
Departement sebagai Room Boy dan 1 bulan
di Food and Beverage Service Departement sebagi Waiter di restoran Nikita Hotel
Resto dan 1 bulan di Front Office Departement sebagai Receptionist dan Bell
Boy. Selain jadwal yang telah di tetapkan tadi penulis juga bertugas di
departement lain apabila suatu departement tersebut membutuhkan bantuan.
Dalam masa pengenalan
kerja kurang lebih satu minggu, sebelumnya penulis mendapatkan pelatihan dan
diberikan petunjuk penggunaan metode kerja yang benar sesuai standard
opersional procedure yang berlaku di Hotel Nikita Bukittinggi oleh Assisten
Manager .
3.2
Kegiatan Operasional
Jam kerja di Nikita Hotel Bukittinggi
terbagi 7 Shift :
a.
Morning Shift
b.
Afternoon Shift
c.
Night Shift
d.
Morning Afternoon Shift
e.
Morning Long Shift
f.
Night Long Shift
g.
Afternoon Long shift
Jam kerja di Hotel
Nikita Bukittinggi memberikan 1 hari libur dan 6 hari kerja bagi karyawan serta
1 hari libur dan 13 hari kerja bagi Training/PKL.
3.3
Tugas dan tanggung Jawab
A. Room Boy
Morning shift
·
Datang sebelum waktu kerja dan isi
absen.
·
Minta report untuk roomboy di Front
Office, dan ambil kunci kamar kosong, buka dan cek kembali kelengkapan kamar.
·
Standby di pos masing masing.
·
Kalau ada guest yang check out langsung
cek inventaris kamar dan laporkan ke FO.
·
Buka linen yang ada di kamar dan
laporkan ke loundry departement.
·
Mulailah untuk making room,awali dari
bagian yang basah (kamar mandi),lanjutkan making
bed,sweeping,mooping,polishing,lengkapi dan cek semua fasilitas kamar menurut
jenis kamarnya.
·
Serahkan kunci kamar ke receptionist dan
laporkan kalau kamar sudah selesai.
·
Cek kamar yang dikerjakan masing-masing
dan isi daily attendent report untuk pertanggung jawaban kepada atasan.
·
Tinggalkan mutasi untuk room boy yang
akan menggantikan.
Morning Afternoon shift
·
Datang sebelum waktu kerja dan isi
absen.
·
Liat mutasi dari room boy sebelumnya dan
kerjakan kerjaan yang belum terselesaikan oleh room boy sebelumnya.
·
Cek kembali kamar-kamar yang sudah di
booking.
·
Stand by di samping Front Office karna
tugas roomboy juga mencangkup bell boy.
·
Pastikan wika,risto,lampu lampu sudah
hidup (jam 6 sore).
·
Tinggalkan mutasi untuk room boy shift
malam.
Night shift
·
Datang sebelum waktu kerja dan isi
absen.
·
Liat mutasi dari roomboy sebelumnya dan
kerjakan.
·
Stand by di samping Front Office karna
tugas roomboy juga mencangkup bell boy.
·
Persiapkan bahan-bahan & masak bahan
tersebut untuk breakfast tamu esok hari.
·
Melayani order pada malam hari
·
Matikan lampu yang kurang perlu jika
sudah larut malam.
·
Sediakan sheet untuk kamar tamu yang
check out dan stay besok hari dan letakan di trolly.
·
Tinggalkan mutasi untuk room boy pagi.
B. Nikita Hotel Restourant & Bar
Morning Shift
·
Melayani tamu yang sedang breakfast
·
Menawarkan dan menuangkan kopi dan teh
kepada tamu
·
clear up meja tamu yang sudah digunakan
·
adjusting cutlery
·
preaper resto untuk lunch
·
Melayani tamu yang sedang lunch
Afternoon Shift
·
Prepare resto untuk dinner
·
Melayani tamu yang sedang dinner
·
Pouring water
·
clear up.
C.
Receptionist
·
Datang tepat waltu dan isi absent
·
Lihat guest list, Pelajari situasi kamar
(check out/stay/dan bookingan hari ini)
·
Konfirm pada tamu bookingan yang akan
masuk hari ini, pastikian bookingannya, check in jam brapa, jumlah bookingan,
harga dan lama menginap.
·
Setiap ada bookingan via telpon langsung
catat di daftar bookingan
·
Jika ada walk in guest perlihatkan room
rate dan jelaskan klasifikasi kamar, fasility, service, harga dan lain lain sambil
memastikan room mana saja yang bisa dijual
·
Jika tamu mau lihat kamarnya minta
tolong pada bell boy(roomboy yang sedang standby ) untuk mengantar
·
Jika setuju pinjamlah identity card
tamu, minta contact yang bisa di hubungi, dan nomor polisi
kendaraan jika ada.
·
Minta deposit untuk satu malam atau
lebih jika tamu menginap lebih dari satu malam
·
Isi semua form menurut prosedur
perusahaan
·
Kalau ada room service, loundry tau
order harap informasikan kepada departement yang bersangkutan
·
Perhatikan bookingan sebelum menerima
reservasi.
·
Receptionist night shiff di haruskan
mengisi night report
D.
Houseman
·
Datang tepat waktu
·
Mengisi absen
·
Bersihkan toilet umum
·
Perhatikan semua loteng di setiap lantai
dan bersihkan dari kotoran yang ada
·
Sapu lantai 2, 3, 4, dan bersihkan semua
interior yang ada
·
Pel seluruh lantai yang ada di lantai 2,
3, 4
·
Sapu jenjang dan pel setelahnya
·
Bersihkan lantai dasar setelah para tamu
selesai breakfast
·
Pel lantai dasar beserta lobby
·
Bersihkan semua interior yang ada di
lobby dan lantai dasar
·
Siram bunga dan gemburkan tanahnya
·
Sapu pekarangan dan parkiran
·
Bersihkan semua kaca
E.
Loundry
·
Datang tepat waktu
·
Isi absen
·
Ambil daftar list tamu di FO
·
Persiapkan semua kebutuhan loundry
·
Cek semua linen kamar yang di antar
roomboy ke londry
·
Cuci semua linen dan cek linen
berdasarkan kamar yang dilaporkan roomboy
·
Jemur semua linen yang telah di cuci
·
Setika linen yang telah kerin dan susun
berdasarkan bentuk ukuran dan kegunaan
·
Persiapkan semua linen untuk roomboy
malam yang akan dibawa dan di susun di trolly
3.4
Permasalahan Yang Ditemukan
Selama penulis
melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Hotel Nikita Bukittinggi, permasalahan
yang ditemukan cukup banyak, dapat ditinjau dari aspek organisasi, aspek personalia,
aspek operasioanal.
•
Aspek
Organisasi
Jika ditinjau dari
aspek organisasi, hambatan yang dialami penulis selama melaksanakan PKL yaitu
masih kurangnya kerjasama antara satu departemen dengan departemen lainnya
maupun antara satu section dengan section lainnya, yang sering menyebabkan
terjadinya kesalahan dalam operasional.
•
Aspek
Personalia
Kurangnya jumlah
karyawan, yang kadang-kadang pada saat tingkat hunian atau occupancy tinggi
terpaksa harus mengandalkan para trainer untuk bekerja lembur atau kerja
separuh waktu di seluruh section baik di Housekeepinh maupun di Service. Kurang
harmonisnya hubungan didalam organisasi Housekeeping yang selalu atasan menekan
bawahan sehingga banyak bawahan yang memundurkan diri
•
Aspek
Operasional
Perlatan yang digunakan
sering terjadi rusak yang menyebabkan operasional terganggu. Dan juga lambatnya
penanganan dari enginering bila ada peralatan yang rusak dirasakan sangat
menghambat operasioanal, sering terjadi kekurangan guest supplies, amentities
dan cleaning suplies dalam operasional Housekeeping dikarenakan penghematan
biaya dalam pengadaan barang tersebut sehingga tidak sesuai antara pembelian
dengan pemakaian. Sering terjadi keterlambatan dalam pengadaan linen
dikarenakan terlambatnya distribusi linen dari laundry oleh linen boy, dan
banyaknya karyawan lain yang memikirkan diri sendiri sehingga banyak linen yang
disembunyikan sehingga linen menjadi tidak merata penyalurannya.
3.5
Keberhasilan Yang dialami
Keberhasilan yang
dialami penulis merupakan pengalaman yang sangat berharga selama melaksanakan
Praktek Kerja Lapangan di Hotel Nikita Bukittinggi antara lain:
1.
Penulis dapat menerapkan ilmu yang
didapat dari kampus untuk operasional di hotel sekaligus mengembangkannya.
2.
Penulis dapat lebih memahami dunia kerja
nyata yang sebenarnya.
3.
Penulis dapat mengetahui bagaimana cara
membina hubungan baik antara sesama rekan kerja dengan profesional.
4.
Penulis telah mampu untuk merasa percaya
diri dalam melaksanakan semua tugas-tugas yang didelegasikan.
5.
Penulis mendapat berbagai ilmu yang
tidak penulis dapatkan di kampus.
6.
Minimalnya jumlah karyawan membuat penulis
mempunyai tanggung jwab untuk melaksanakan operasional secara sendiri.
7.
Penulis dapat lebih tenang dalam
memecahkan suatau permasalahan.
Semua keberhasilan yang
telah didapat penulis akan sangat bermanfaat bagi penulis nanti diterapkan
dikampus dan persiapan dalam menghadapi dunia industri kelak.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 Kesimpulan
Selama empat bulan
penullis melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Hotel Nikita Bukittinggi banyak
hal baru yang penulis dapatkan, baik itu dari segi wawasan ataupun keterampilan
kerja, adapun beberapa kesimpulan yang dapat penulis tarik dari laporan ini
adalah :
1.
Kegiatan Praktek Kerja Industri sangatlah
penting untuk mempersiapkan mahasiswa yang akan menjadi calon profesional di
bidangnya.
2.
Selama pelaksanaan Praktek Kerja
Lapangan, penulis banyak mendapatkan ilmu serta wawasan yang baru dalam hal
operasional, selain itu juga penulis mengalami kemajuan yang pesat dalam hal
kedisiplinan.
3.
Tuntutan dunia industri terhadap calon
tenaga kerja ataupun siswa yang melakukan program Praktek Kerja Lapangan cukup
tinggi baik dari segi skill , knowledge ataupun attitude.
4.
Untuk operasional Housekeeping dan Food
and Beverage service Hotel Nikita memiliki standar yang cukup baik dilihat dari
digunakannya standar operasional procedure dan standar job description oleh
seluruh staf.
5.
Ilmu yang penulis pelajari di kampus
sangatlah berguna dalam pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan
6.
Komunikasi yang digunakan dalam
operasional Housekeeping dan Service di Hotel Nikita Bukittinggi adalah bahasa
Inggris sehingga menambah kemampuan penulis dalam berbahasa Inggris
7.
Semua section saling bekerja sama
menghadapi event-event tertentu.
8.
Mengingat sedikitnyajumlah staf setiap
dapartment membuat para siswa training memiliki peranan yang sangat penting.
4.2 Saran
Adapun beberapa saran
yang dapat penulis sampaikan untuk pihak manajemen Hotel Nikita Bukittinggi dan
PUSDIKPAR Ombilin Sawahlunto barangkali dapat berguna, adalah :
1.
Sebaiknya pihak hotel bersikap lebih
bijak dengan menambah jumlah tenaga kerja, agar tidak mengganggu jalannya
operasional sehari-hari dan tercapainya kinerja hasil produk yang lebih
maksimal.
2.
Dengan penambahan jumlah karyawan, pihak
hotel dapat memberikan sedikit ruang kepada para karyawan agar bisa sedikit
rileks sehingga tidak akan terjadi free overtime
3.
Alangkah baiknya jam kerja
disosialisasikan dengan benar, sehingga tidak terjadi overtime, seolah-olah
menajemen hotel memanfaatkan para training dalam jalannya operasional pekerjaan.
4.
Fakultas Pariwisata UMSB harus lebih meningkatkan disiplin semua mahasiswa,
mengingat tuntutan dunia industri yang lebih kompeten dewasa ini.
5.
Fakultas Pariwisata UMSB harus dapat meningkatkan skill dan knowledge mahasiswanya,
mengingat persaingan yang semakin ketat dengan melengkapi sarana praktek yang
lengkap dan berorientasi dengan perkembangan zaman.
Fakultas Pariwisata
UMSB mengadakan hubungan kemitraan dan
memberikan informasi tentang keunggulan kampus dan mahasiswa dengan industri
yang berada di Bukittinggi atau pun daerah lainnya.
thx bro
ReplyDeleteInformasi yg lengkap dan sangat membantu.. terima kasih :D
ReplyDeleteTerima kasih telah mensupport... Maaf atas segala kekurangan dari blog sederhana ini...
ReplyDeletetrims bahannya ... cukup memberikan gambaran
ReplyDelete