Tuesday, September 17, 2013

Contoh Laporan Praktek Kerja Industri Jurusan Perhotelan

KATA PENGANTAR

          Puji dan syukur penulis ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nya penulis dapat menyusun menyelesaikan laporan ini dengan baik. Laporan praktek kerja industri ini penulis tulis atas dasar semua yang telah penulis dapatkan selama mengikuti praktek kerja industri di NIKITA HOTEL BUKITTINGGI selama lebih kurang 4 bulan (18 Februari 2013 sampai dengan 18 Juni 2013). 
Praktek kerja industri sendiri merupakan kegiatan yang bersifat wajib untuk setiap mahasiswa/i Semester 4 Fakultas Pariwisata UMSB sebagai salah satu syarat untuk melanjutkan ke semester berikutnya, serta sebagai salah satu bentuk pertanggung jawaban penulis dalam menjalani tugas kerja selama mengikuti Prakerin. Praktek kerja industri merupakan kegiatan mahasiswa/i yang dilaksanakan minimal 4 bulan di suatu perusahaan yang sesuai dengan jurusannya masing-masing. 


Kegiatan ini meliputi pelaksanaan kerja praktek di perusahaan dan penulisan laporan kerja praktek. Tujuan Praktek Kerja Industri sebenarnya adalah memperkenalkan mahasiswa/i dunia kerja industri secara nyata sekaligus memberikan suatu pengalaman yang berhubungan dengan keindustrian. Setelah penulis selesai melaksanakan kerja praktek ini, penulis merasa tujuan tersebut telah penulis penuhi dengan baik.





DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR                                                                                               i
HALAMAN PENGESAHAN                                                                                   ii
DAFTAR ISI                                                                                                              iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Praktek Kerja Lapangan (PKL)                                       1
1.2  Tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL)                                                    2
1.3  Manfaat Praktek Kerja Lapangan (PKL)                                                  2
1.4  Tempat dan Waktu Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL)            3
BAB II TINJAUAN UMUM
2.1 Sejarah Singkat                                                                                         4
2.2 Struktur Organisasi                                                                                   5
2.3 Lokasi                                                                                                       5
2.4 Perincian kamar dan fasilitas Hotel                                                          6
BAB III TEKNIK PELAKSANAAN
3.1 Deskripsi Lingkup Kerja Praktek Kerja Lapangan                                   8
3.2 Kegiatan Operasional                                                                                8
3.3 Tugas dan tanggung Jawab                                                                       9
3.4 Permasalahan Yang Ditemukan                                                                12
3.5 Keberhasilan Yang dialami                                                                       13
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN
4.1  Kesimpulan                                                                                               14
4.2  Saran                                                                                                         15
LAMPIRAN
1.      Gambar                                                                                                      
2.      Agenda                                                                                                      
3.      Schedule
4.      Macam-macam Form        
5.      Sertifikat 




BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Praktek Kerja Lapangan (PKL)
                Dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat mempunyai 2 Program Studi yaitu Usaha Perjalanan Wisata (UPW) dan Perhotelan. Program Studi mempunyai mata kuliah yang spesifik sesuai dengan Prodi masing-masing yang terdiri dari  mata kuliah teori, praktek, workshop, dan laboratorium.
            Pada kenyataannya sering terjadi perbedaan pemahaman mahasiswa antara teori dan praktek nyata dalam dunia usaha dan industri. Untuk itu perlu diadakan suatu mata kuliah berupa Praktek Kerja Lapangan (PKL) langsung padadunia usaha industri.
            PKL merupakan mata kuliah wajib bagi para mahasiswa Fakultas Pariwisata UMSB. Mata kuliah ini merupakan sarana untuk menjembatani pemahaman teoritis di bangku kuliah dengan kondisi dunia nyata di lapangan yang akan dapat meningkatkan mutu lulusan serta dapat memenuhi kebutuhan lapangan kerja. Selain itu PKL juga dapat menjadi modal  peluang kerja bagi mahasiswa/i Fakultas Pariwisata UMSB.
Praktek kerja lapangan merupakan suatu kegiatan kerja mahasiswa yang ditempatkan pada suatu tempat yang berkaiatan dengan bidang ilmu yang ditempuhnya dalam waktu tertentu. Selain itu, praktek kerja lapangan yang dilakukan dapat membantu mahasiswa agar lebih memahami bidang studi yang di tekuninya dan mendapatkan gambaran nyata pengimplementasian ilmunya di dunia nyata. Mahasiswa akan belajar mengatasi kesenjangan antara teori yang didapatkan di bangku kuliah dengan permasalahan di lapangan sebenarnya, yang memerlukan teknologi informasi untuk mendapatkan jalan keluarnya.



1.2 Tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
1.      Menjembatani antara teori di perkuliahan dengan praktek di lapangan.
2.      Meningkatkan kemampuan edukatif dan pengembangan wawasan keilmuan mahasiswa.
3.      Membekali mahasiswa tentang iklim kerja dan prosedur  dunia industri.
4.      Mengenal pasar dan produk atau jasa yang dihasilkan oleh dunia usaha dan dunia industri.
5.      Meningkatkan kemampuan adaptif mahasiswa.
6.      Mengenali seluk beluk wilayah pekerjaan dunia usaha dan dunia industri kepada mahasiswa secara langsung.
7.      Menjadi sarana promosi calon alumni untuk memasuki pasar kerja di dunia usaha dan industri.

1.3 Manfaat Praktek Kerja Lapangan (PKL)
1.      Manfaat bagi Mahasiswa
·         Dengan mengikuti praktek kerja lapangan, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Hard Skill dan Soft Skill.
·         Mampu menggunakan pengalaman kerja untuk mendapatkan kesempatan kerja yang diinginkan setelah menyelesaikan atau tamat kuliah.
·         Sebagai pengalaman kerja awal untuk mahasiswa sebelum terjun langsung ke dunia kerja yang nyata.
·         Sebagai wadah untuk menjalin kerjasama yang baik antara lembaga pendidikan dengan pihak instansi yang terkait.
2.      Manfaat bagi Akademik
·         Dengan pelaksanaan praktek kerja lapangan, Fakultas mampu meningkatkan hubungan kemitrian dengan perusahaan.
·         Mampu mengembangkan program kemitraan lainnya, seperti pertukaran pakar.
·         Mempu merelevansikan kurikulum mata kuliah dengan kebutuhan dunia kerja.

3.      Manfaat bagi Perusahaan
·         Dengan pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL), diharapkan perusahaan mampu meningkatkan hubungan kemitraan dengan perguruan tinggi.
·         Mampu melihat kemampuan potensial yang dimiliki mahasiswa peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL), sehingga akan lebih mudah untuk perencanaan peningkatan di bidang Sumber Daya Manusia (SDM).
·         Dan sebagai wadah penyerapan karyawan atau tenaga kerja.

1.4 Tempat dan Waktu Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
Waktu pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan yang dilaksanakan penulis, yaitu tanggal 18 Februari 2013 sampai dengan 18 Juni 2013, bertempat di Nikita Hotel Bukittinggi.




BAB II
TINJAUAN UMUM
HOTEL NIKITA BUKITTINGGI

2.1 Sejarah Singkat
Nikita Hotel dan Nikita Place Hotel merupakan perusahaan milik putera daerah yaitu bapak H.Aidil Azwar yang berasal dari kelurahan Bukit Apit Bukittinggi, yang mana beliau berdomisili di pusat pemerintahan Negara (Jakarta) bersama keluarga.
Nikita Hotel dibangun tahun 1993 dan menyusul kemudian Nikita Place Hotel tahun 1999 dengan ciri khas arsitektur minang yaitu atap bergonjong. Hotel Nikita diambil dari nama kuda kesayangan Bapak H.Aidil Azwar, yang sebagai owner dan pada saat ini dikelola oleh Bapak H.Syafril,A.md sebagai Manager.
Nikita Hotel Bukittinggi, hadir sebagai salah satu sarana pendukung pariwisata daerah yang siap memberikan tempat peristirahatan dan service bagi wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik yang berkunjung ke Bukittinggi. Kini setelah kurun waktu 20 Tahun Nikita Hotel Tumbuh dan berkembang, sungguh sangat disayangkan bila Kita berkunjung ke Bukittinggi tanpa menyempatkan diri untuk melepas kelelahan di Hotel Nikita Bukittinggi. Keluarga Besar Nikita Hotel Bukittinggi sangat berbangga bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada tamu-tamu Nikita Hotel Bukittinggi. 

2.2 Struktur Organisasi
Struktur organisasi Nikita Hotel Bukittinggi

2.3 Lokasi
1.      Nikita Hotel Bukittinggi Jln Sudirman No. 55 Bukittinggi Telp. (0752) 31629-31630 Fax (0752) 31177
2.      Nikita Palace Hotel Bukittinggi Jl. Sukarno Hatta, Garegeh, Bukittinggi Telp. (0752) 32727-34616 Fax. (0752) 31177

 2.4 Perincian kamar dan fasilitas Hotel
1.      Room Facilities
Setiap Kamar dilengkapi dengan Flat TV 21 inc, lantai keramik, kamar mandi shower dengan air panas dan dingin 24 jam, telpon.
2.      Meeting Room
Memiliki 2 ruang meeting dengan kapasitas 100 orang dan 20 orang
3.      Looby
Memiliki looby dengan interior classic
4.      Restaurant
Restaurant yang elegan, dengan sarapan menu Indonesia dan menu tradisional minang, serta menyediakan makan siang dan makan malam.
5.      Other Fasilities
·         Taxi Service
·         Loundry Service
·         Parking Area
·         Room Rate & Event Package
·         Room Rate & Fasilities
·         Room Type Rate & Fasilities
6.      Rincian Kamar
a)      Standart Room
·         Twin / Double Rp. 326.700,- max 2 Pax
·         Telephone
·         Television / Flat TV
·         Shower
·         Hot & Cold Water
b)      Deluxe Room
·         Twin / Double Rp. 399.300,- max 2 Pax
·         Big room
·         Telephone
·         Television / Flat TV
·         Shower
·         Hot & Cold Water
c)      Suit Room
·         Twin / Double Rp.453.750,- max 2 Pax
·         Wall to Wall ceramic tile
·         Telephone
·         Television / Flat TV
·         Shower
·         Hot & Cold Water
·         Mini bar
·         AC
d)     Extra bed Rp .120.000,-
e)      Charge Person Rp. 50.000,-
f)       Event Meeting Package
7.      PACKAGE A & PACKAGE B
Rp. 200.000,-pax/day  & Rp. 180.000,- pax/day
Included :
·         Deluxe Room for 2 pax
·         2 x coffee break
·         1x lunch
·         1 x dinner
·         Breakfast
·         Meeting Room Included :
·         Standart Room for 2 pax
·         2 x coffee break
·         1x lunch
·         1 x dinner
·         Breakfast
·         Meeting Room
Check in time : at 14.00 noon
Check out time : at 12. 00 noon





BAB III
TEKNIK PELAKSANAAN

3.1 Deskripsi Lingkup Kerja Praktek Kerja Lapangan
Di dalam pelaksanaan PKL penulis melaksanakan kerja lapangan selama lebih kurang 2 bulan pada Housekeeping  Departement sebagai Room Boy dan 1 bulan di Food and Beverage Service Departement sebagi Waiter di restoran Nikita Hotel Resto dan 1 bulan di Front Office Departement sebagai Receptionist dan Bell Boy. Selain jadwal yang telah di tetapkan tadi penulis juga bertugas di departement lain apabila suatu departement tersebut membutuhkan bantuan.
Dalam masa pengenalan kerja kurang lebih satu minggu, sebelumnya penulis mendapatkan pelatihan dan diberikan petunjuk penggunaan metode kerja yang benar sesuai standard opersional procedure yang berlaku di Hotel Nikita Bukittinggi oleh Assisten Manager .

3.2 Kegiatan Operasional
Jam kerja di Nikita Hotel Bukittinggi terbagi 7 Shift :
a.       Morning Shift
b.      Afternoon Shift
c.       Night Shift
d.      Morning Afternoon Shift
e.       Morning Long Shift
f.       Night Long Shift
g.      Afternoon Long shift
Jam kerja di Hotel Nikita Bukittinggi memberikan 1 hari libur dan 6 hari kerja bagi karyawan serta 1 hari libur dan 13 hari kerja bagi Training/PKL.
  
3.3 Tugas dan tanggung Jawab
A.    Room Boy
Morning shift
·         Datang sebelum waktu kerja dan isi absen.
·         Minta report untuk roomboy di Front Office, dan ambil kunci kamar kosong, buka dan cek kembali kelengkapan kamar.
·         Standby di pos masing masing.
·         Kalau ada guest yang check out langsung cek inventaris kamar dan laporkan ke FO.
·         Buka linen yang ada di kamar dan laporkan ke loundry departement.
·         Mulailah untuk making room,awali dari bagian yang basah (kamar mandi),lanjutkan making bed,sweeping,mooping,polishing,lengkapi dan cek semua fasilitas kamar menurut jenis kamarnya.
·         Serahkan kunci kamar ke receptionist dan laporkan kalau kamar sudah selesai.
·         Cek kamar yang dikerjakan masing-masing dan isi daily attendent report untuk pertanggung jawaban kepada atasan.
·         Tinggalkan mutasi untuk room boy yang akan menggantikan.
Morning Afternoon shift
·         Datang sebelum waktu kerja dan isi absen.
·         Liat mutasi dari room boy sebelumnya dan kerjakan kerjaan yang belum terselesaikan oleh room boy sebelumnya.
·         Cek kembali kamar-kamar yang sudah di booking.
·         Stand by di samping Front Office karna tugas roomboy juga mencangkup  bell boy.
·         Pastikan wika,risto,lampu lampu sudah hidup (jam 6 sore).
·         Tinggalkan mutasi untuk room boy shift malam.
Night shift
·         Datang sebelum waktu kerja dan isi absen.
·         Liat mutasi dari roomboy sebelumnya dan kerjakan.
·         Stand by di samping Front Office karna tugas roomboy juga mencangkup  bell boy.
·         Persiapkan bahan-bahan & masak bahan tersebut untuk breakfast tamu esok hari.
·         Melayani order pada malam hari
·         Matikan lampu yang kurang perlu jika sudah larut malam.
·         Sediakan sheet untuk kamar tamu yang check out dan stay besok hari dan letakan di trolly.
·         Tinggalkan mutasi untuk room boy pagi.
B.     Nikita Hotel Restourant & Bar
Morning Shift
·         Melayani tamu yang sedang breakfast
·         Menawarkan dan menuangkan kopi dan teh kepada tamu
·         clear up meja tamu yang sudah digunakan
·         adjusting cutlery
·         preaper resto untuk lunch
·         Melayani tamu yang sedang lunch
Afternoon Shift
·         Prepare resto untuk dinner
·         Melayani tamu yang sedang dinner
·         Pouring water
·         clear up.
C.    Receptionist
·         Datang tepat waltu dan isi absent
·         Lihat guest list, Pelajari situasi kamar (check out/stay/dan bookingan hari ini)
·         Konfirm pada tamu bookingan yang akan masuk hari ini, pastikian bookingannya, check in jam brapa, jumlah bookingan, harga dan lama menginap.
·         Setiap ada bookingan via telpon langsung catat di daftar bookingan
·         Jika ada walk in guest perlihatkan room rate dan jelaskan klasifikasi kamar, fasility, service, harga dan lain lain sambil memastikan room mana saja yang bisa dijual
·         Jika tamu mau lihat kamarnya minta tolong pada bell boy(roomboy yang sedang standby ) untuk mengantar
·         Jika setuju pinjamlah identity card tamu, minta contact yang bisa di hubungi, dan nomor polisi kendaraan jika ada.
·         Minta deposit untuk satu malam atau lebih jika tamu menginap lebih dari satu malam
·         Isi semua form menurut prosedur perusahaan
·         Kalau ada room service, loundry tau order harap informasikan kepada departement yang bersangkutan
·         Perhatikan bookingan sebelum menerima reservasi.
·         Receptionist night shiff di haruskan mengisi night report
D.    Houseman
·         Datang tepat waktu
·         Mengisi absen
·         Bersihkan toilet umum
·         Perhatikan semua loteng di setiap lantai dan bersihkan dari kotoran yang ada
·         Sapu lantai 2, 3, 4, dan bersihkan semua interior yang ada
·         Pel seluruh lantai yang ada di lantai 2, 3, 4
·         Sapu jenjang dan pel setelahnya
·         Bersihkan lantai dasar setelah para tamu selesai breakfast
·         Pel lantai dasar beserta lobby
·         Bersihkan semua interior yang ada di lobby dan lantai dasar
·         Siram bunga dan gemburkan tanahnya
·         Sapu pekarangan dan parkiran
·         Bersihkan semua kaca
E.     Loundry
·         Datang tepat waktu
·         Isi absen
·         Ambil daftar list tamu di FO
·         Persiapkan semua kebutuhan loundry
·         Cek semua linen kamar yang di antar roomboy ke londry
·         Cuci semua linen dan cek linen berdasarkan kamar yang dilaporkan roomboy
·         Jemur semua linen yang telah di cuci
·         Setika linen yang telah kerin dan susun berdasarkan bentuk ukuran dan kegunaan
·         Persiapkan semua linen untuk roomboy malam yang akan dibawa dan di susun di trolly

3.4 Permasalahan Yang Ditemukan
Selama penulis melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Hotel Nikita Bukittinggi, permasalahan yang ditemukan cukup banyak, dapat ditinjau dari aspek organisasi, aspek personalia, aspek operasioanal.
         Aspek Organisasi
Jika ditinjau dari aspek organisasi, hambatan yang dialami penulis selama melaksanakan PKL yaitu masih kurangnya kerjasama antara satu departemen dengan departemen lainnya maupun antara satu section dengan section lainnya, yang sering menyebabkan terjadinya kesalahan dalam operasional.
         Aspek Personalia
Kurangnya jumlah karyawan, yang kadang-kadang pada saat tingkat hunian atau occupancy tinggi terpaksa harus mengandalkan para trainer untuk bekerja lembur atau kerja separuh waktu di seluruh section baik di Housekeepinh maupun di Service. Kurang harmonisnya hubungan didalam organisasi Housekeeping yang selalu atasan menekan bawahan sehingga banyak bawahan yang memundurkan diri
         Aspek Operasional
Perlatan yang digunakan sering terjadi rusak yang menyebabkan operasional terganggu. Dan juga lambatnya penanganan dari enginering bila ada peralatan yang rusak dirasakan sangat menghambat operasioanal, sering terjadi kekurangan guest supplies, amentities dan cleaning suplies dalam operasional Housekeeping dikarenakan penghematan biaya dalam pengadaan barang tersebut sehingga tidak sesuai antara pembelian dengan pemakaian. Sering terjadi keterlambatan dalam pengadaan linen dikarenakan terlambatnya distribusi linen dari laundry oleh linen boy, dan banyaknya karyawan lain yang memikirkan diri sendiri sehingga banyak linen yang disembunyikan sehingga linen menjadi tidak merata penyalurannya.

3.5 Keberhasilan Yang dialami
Keberhasilan yang dialami penulis merupakan pengalaman yang sangat berharga selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Hotel Nikita Bukittinggi antara lain:
1.      Penulis dapat menerapkan ilmu yang didapat dari kampus untuk operasional di hotel sekaligus mengembangkannya.
2.      Penulis dapat lebih memahami dunia kerja nyata yang sebenarnya.
3.      Penulis dapat mengetahui bagaimana cara membina hubungan baik antara sesama rekan kerja dengan profesional.
4.      Penulis telah mampu untuk merasa percaya diri dalam melaksanakan semua tugas-tugas yang didelegasikan.
5.      Penulis mendapat berbagai ilmu yang tidak penulis dapatkan di kampus.
6.      Minimalnya jumlah karyawan membuat penulis mempunyai tanggung jwab untuk melaksanakan operasional secara sendiri.
7.      Penulis dapat lebih tenang dalam memecahkan suatau permasalahan.
Semua keberhasilan yang telah didapat penulis akan sangat bermanfaat bagi penulis nanti diterapkan dikampus dan persiapan dalam menghadapi dunia industri kelak.




BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

4.1  Kesimpulan
Selama empat bulan penullis melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Hotel Nikita Bukittinggi banyak hal baru yang penulis dapatkan, baik itu dari segi wawasan ataupun keterampilan kerja, adapun beberapa kesimpulan yang dapat penulis tarik dari laporan ini adalah :
1.       Kegiatan Praktek Kerja Industri sangatlah penting untuk mempersiapkan mahasiswa yang akan menjadi calon profesional di bidangnya.
2.       Selama pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan, penulis banyak mendapatkan ilmu serta wawasan yang baru dalam hal operasional, selain itu juga penulis mengalami kemajuan yang pesat dalam hal kedisiplinan.
3.       Tuntutan dunia industri terhadap calon tenaga kerja ataupun siswa yang melakukan program Praktek Kerja Lapangan cukup tinggi baik dari segi skill , knowledge ataupun attitude.
4.       Untuk operasional Housekeeping dan Food and Beverage service Hotel Nikita memiliki standar yang cukup baik dilihat dari digunakannya standar operasional procedure dan standar job description oleh seluruh staf.
5.       Ilmu yang penulis pelajari di kampus sangatlah berguna dalam pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan
6.       Komunikasi yang digunakan dalam operasional Housekeeping dan Service di Hotel Nikita Bukittinggi adalah bahasa Inggris sehingga menambah kemampuan penulis dalam berbahasa Inggris
7.       Semua section saling bekerja sama menghadapi event-event tertentu.
8.       Mengingat sedikitnyajumlah staf setiap dapartment membuat para siswa training memiliki peranan yang sangat penting. 

4.2  Saran
Adapun beberapa saran yang dapat penulis sampaikan untuk pihak manajemen Hotel Nikita Bukittinggi dan PUSDIKPAR Ombilin Sawahlunto barangkali dapat berguna, adalah :
1.      Sebaiknya pihak hotel bersikap lebih bijak dengan menambah jumlah tenaga kerja, agar tidak mengganggu jalannya operasional sehari-hari dan tercapainya kinerja hasil produk yang lebih maksimal.
2.      Dengan penambahan jumlah karyawan, pihak hotel dapat memberikan sedikit ruang kepada para karyawan agar bisa sedikit rileks sehingga tidak akan terjadi free overtime
3.      Alangkah baiknya jam kerja disosialisasikan dengan benar, sehingga tidak terjadi overtime, seolah-olah menajemen hotel memanfaatkan para training dalam jalannya operasional pekerjaan.
4.      Fakultas Pariwisata UMSB  harus lebih meningkatkan disiplin semua mahasiswa, mengingat tuntutan dunia industri yang lebih kompeten dewasa ini.
5.      Fakultas Pariwisata UMSB  harus dapat meningkatkan skill dan knowledge mahasiswanya, mengingat persaingan yang semakin ketat dengan melengkapi sarana praktek yang lengkap dan berorientasi dengan perkembangan zaman.
Fakultas Pariwisata UMSB  mengadakan hubungan kemitraan dan memberikan informasi tentang keunggulan kampus dan mahasiswa dengan industri yang berada di Bukittinggi atau pun daerah lainnya.

4 comments:

  1. Informasi yg lengkap dan sangat membantu.. terima kasih :D

    ReplyDelete
  2. Terima kasih telah mensupport... Maaf atas segala kekurangan dari blog sederhana ini...

    ReplyDelete
  3. trims bahannya ... cukup memberikan gambaran

    ReplyDelete